Sambutan Kaprodi

Sambutan Kaprodi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Selamat datang di laman resmi Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sebagai bagian dari institusi seni terkemuka di Indonesia, Program Studi Pendidikan Musik kami hadir untuk merancang dan menyelenggarakan pendidikan musik yang inklusif, berlandaskan pengetahuan pedagogi didaktis, dan menumbuhkan kreativitas melalui kolaborasi dan pemanfaatan teknologi.

Melalui kurikulum yang dirancang berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), kami berkomitmen untuk:

  • Mengasah keterampilan berpikir kritis dan menerapkan metode penelitian yang tepat dalam merespons fenomena pendidikan musik, serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah secara inovatif.

  • Menguasai keterampilan dan pengetahuan musik secara mendalam, dan mampu mengartikulasikan pengalaman belajar sebagai bagian dari riset dalam metode pengajaran.

  • Berkolaborasi dalam produksi kreatif yang mengedepankan kearifan lokal, keberlanjutan, serta perspektif global, dengan menjunjung inklusivitas dalam keberagaman.

  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dengan komitmen teladan terhadap disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian, serta perilaku yang beretika dan berperspektif kewirausahaan.

Kami percaya bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Musik ISI Yogyakarta tidak hanya siap menjadi pendidik musik profesional, tetapi juga pemimpin kreatif, peneliti, inovator, dan penggerak masyarakat yang membawa perubahan positif di tingkat lokal maupun global.

Semoga laman ini dapat menjadi sumber informasi, inspirasi, dan kolaborasi bagi seluruh mahasiswa, dosen, alumni, serta masyarakat luas yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan musik.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dr. R.M. Surtihadi, S.Sn., M.Sn.
Kepala Program Studi Pendidikan Musik
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Indonesia Yogyakarta

en_USEN